Matchstick Men (2003)

matchstick-men- movie poster

Jakarta sedang dirundung mellow mendung yang tak terbendung. I just can’t help to be only get laid behind my Doraemon bed cover and my bright yellow Sponge-bob sheet in this very lazy-cloudy day. Bersama seperangkat TV-Cable.

Roy : I’m not a criminal, I’m con artist
Dr. Klein : The difference being?
Roy : They give me their money
Dr.Klein  : Nice rationalization.

Nicholas Cage played as Roy Waller, a swindler (?) or he prefer to call himself as con artist. Dia menipu orang-orang dengan trik-trik pintar dan menarik. Mulai dari memperalat orang dengan trik lotre palsu sampai penukaran mata uang secara ilegal. Bersama dengan rekannya, Frank, dia menjalankan pekerjaannya selama ini dengan mulus.

Sampai akhirnya datang Angela, seorang gadis 14 tahun yang mengaku sebagai anak kandung Roy dari kekasih lamanya. Meskipun terkejut, namun Roy tetap menyayangi Angela sebagai anaknya. Angela pun belajar melakukan tipuan-tipuan kecil yang dari Roy.

Roy : Rule no. 1: Don’t work where you live.
Angela: [writing] Don’t… shit… where…
Roy: [grabbing her notepad] Rule no. 2: Don’t write anything down.

Roy berjanji untuk berubah, seiring dengan hidupnya yang sudah dirasa lengkap bersama dengan Angela. Keputusan ini ditutup dengan rencana melakukan penipuan terakhirnya, yang tanpa direncanakan juga melibatkan Angela. Penipuan tersebut terbongkar, dan menyebabkan nyawanya, nyawa Frank partnernya juga nyawa Angela terancam.

Quite interesting actually, karena plot akhirnya yang tidak terduga. Roy yang diceritakan juga memiliki Obsessive Compulsive Disorder ini juga menambah bumbu menariknya cerita ini. Setelah di googling, ternyata film ini diangkat dari novel dengan judul serupa karangan Eric Gracia. Pygmies!

For some people, money is… money is a foreign film without subtitles.

( Roy – Matchstick Men (2003)

Leave a comment